Penulis Utama : Prita Noviana
NIM / NIP : K4217064
×

Pembelajaran sastra penting diajarkan untuk siswa. Sesuai dengan kondisi lapangan, diketahui masih terdapat guru yang menggunakan novel lawas di mana bahasanya susah dipahami oleh siswa, sehingga siswa kesulitan dalam memahami isinya. Pada hal ini diperlukan materi ajar yang bisa menarik minat siswa untuk mempelajari karya sastra khususnya novel Jawa. Novel Prau Layar ing Kali Opak karya Budi Sardjono merupakan novel Jawa masa kini yang diterbitkan pada tahun 2018 sekaligus dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran sastra dikarenakan memuat nilai pendidikan karakter dan masalah sosial yang tidak jauh dari realita kehidupan serta bahasanya mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan masalah sosial dalam novel Prau Layar ing Kali Opak, mengidentifikasi nilai pendidikan karakter pada novel Prau Layar ing Kali Opak, dan Relevansi novel Prau Layar ing Kali Opak sebagai pembelajaran sastra di SMA.
Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa kata atau kalimat yang menunjukkan bentuk masalah sosial dan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Prau Layar ing Kali Opak karya Budi Sardjono. Sumber data dalam penelitian ini berupa novel Prau Layar ing Kali Opak karya Budi Sardjono dan wawancara informan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis isi dan wawancara informan. Uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari 4 komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) novel Prau Layar ing Kali Opak terdapat 4 masalah sosial yaitu, kemiskinan, kejahatan, disorganisasi keluarga, dan peperangan. (2) novel Prau Layar ing Kali Opak terdapat 12 nilai pendidikan karakter yaitu religius, jujur, toleransi, kerja keras, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. (3) novel Prau Layar ing Kali Opak relevan dijadikan sebagai materi ajar di SMA. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa novel Prau Layar ing Kali Opak karya Budi Sardjono relevan, dan dapat dijadikan sebagai materi ajar di SMA.

Kata Kunci: masalah sosial, pendidikan karakter, Novel Jawa, materi ajar

 

×
Penulis Utama : Prita Noviana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4217064
Tahun : 2021
Judul : Masalah Sosial dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Prau Layar Ing Kali Opak Karya Budi Sardjono Serta Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4217064
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.
2. Kenfitria Diah Wijayanti SS., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.