Penulis Utama : Lutfi Nur Khasanah
NIM / NIP : K3118049
×

Lutfi Nur Khasanah, HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2022.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Tingkat motivasi belajar peserta didik kelas VIII; (2) Tingkat hasil belajar peserta didik kelas VIII; (3) Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas VIII.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatid dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 189 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel terpilih dalam penelitian yaitu sejumlah 128 peserta didik. Data penelitian diperoleh dengan skala motivasi belajar dan rata-rata nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) semester genap. Analisis data penelitian menggunakan Pearson Correlation Product Moment dengan bantuan IBM SPSS versi 20.

Hasil perhitungan Pearson Correlation Product Moment menggunakan IBM SPSS versi 20 menunjukkan nilai koefisien korelasi antara variabel motivasi belajar dengan hasil belajar sebesar 0,39 dan nilai signifikansinya 0,661 > 0,05. Artinya hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2021/2022.

Saran bagi peneliti selanjutnya agar memperhatikan variabel lain yang berhubungan dengan hasil belajar peserta didik seperti kondisi fisik dan kesehatan, intelegensi, perhatian, bakat, kesiapan, relasi antar anggota keluarga maupun relasi dengan guru. Saran peneliti kepada kepada guru bimbingan dan konseling yaitu agar meningkatkan layanan BK khususnya berkaitan dengan pentingnya motivasi belajar untuk menunjang perkembangan peserta didik, terutama berkaitan dengan hasil belajar.

×
Penulis Utama : Lutfi Nur Khasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3118049
Tahun : 2022
Judul : HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : motivasi belajar, hasil belajar, peserta didik
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ma'rifatin Indah Kholili, M.Pd.
2. Dr. Naharus Surur, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Ribut Purwaningrum, M.Pd.
2. Adi Dewantoro, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.