Penulis Utama : Andri Tri Nugroho
NIM / NIP : S101908001
×

ABSTRAK

Andri Tri Nugroho. S101908001. Pengembangan E-Modul Berbasis Smart Apps Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Sma Pada Materi Animalia. Tesis, Surakarta: Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk pengembangan E-modul Berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis Peserta didik kelas X SMA dengan karakteristik yang telah ditentukan. 2) Menganalisis kelayakan E-modul Berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis Peserta didik kelas X SMA. 3) Menganalisis E-modul Berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis Peserta didik kelas X SMA.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dan Penelitian Kuasi Eksperimen. Subjek pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X dari SMAN 2 Sragen yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang seluruhnya berjumlah 72 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui test dan non-test yaitu instrumen berupa angket penilaian kelayakan oleh para ahli dan praktisi, angket respon peserta didik dan soal keterampilan berpikir kritis menggunakan enam indikator dari Facione. Analisis keefektifan e-modul menggunakan analisis Rasch dan Ancova.
Hasil penelitian 1) E-modul pada materi animalia untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis peserta didik diintegrasikan menggunakan smart apps creator untuk memudahkan penggunaan dan menghemat pengeluaran kuota melalui pembelajaran dengan aplikasi smartphone android. E-modul berbasis smart apps creator digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis peserta didik. 2) E-modul Berbasis smart apps creator telah diuji oleh ahli media, ahli materi, praktisi pendidikan dan peserta didik, keseluruhan hasil memperoleh kategori sangat baik maka dapat dinyatakan valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Animalia. 3) E-modul Berbasis smart apps creator pada materi animalia efektif dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis peserta didik berdasarkan analisis data dengan ANCOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil nilai keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kedua kelas penelitian, perbedaan yang signifikan dibuktikan dengan hasil uji ANCOVA dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.

×
Penulis Utama : Andri Tri Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S101908001
Tahun : 2022
Judul : PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SMART APPS CREATOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA PADA MATERI ANIMALIA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : e-modul, keterampilan berpikir kritis, kingdom animalia
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puguh Karyanto, S.Si., M.Si., Ph.D
2. Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Muzzazinah, M.Si.
2. Dr. Harlita., S.Si., M.Si.
3. Puguh Karyanto, S.Si., M.Si., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.