Penulis Utama : Pomo Warih Adi
NIM / NIP : T861808007
×

ABSTRAK

Pomo Warih Adi, T861808007. Model Latihan Teknik Dasar Bermain Sepakbola Berbasis Pentahapan menurut Kelompok Usia (Studi Pengembangan Pada Sekolah Sepakbola Di Solo Raya). Disertasi. Promotor : Prof. Dr. Sugiyanto. Ko-Promotor I : Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr. AIFO. Ko-Promotor II : Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd. Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2022.

 

Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan produk model latihan teknik dasar bermain sepakbola berbasis pentahapan menurut kelompok usia bagi siswa sekolah sepakbola untuk kelompok usia 6-8 tahun, 9-10 tahun dan 11-12 tahun dan menguji efektivitas model latihan teknik dasar bermain sepakbola berbasis pentahapan menurut kelompok usia yang telah dikembangkan.

Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dari Borg dan Gall. Pendekatan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed method). Subjek penelitian ini siswa sekolah sepakbola usia 6-12 tahun yang berada di wilayah Solo Raya. Instrumen pengumpulan data kualitatif diperoleh dari kuesioner dan wawancara menggunakan metode delphi yang melibatkan pakar pendidikan usia dini, pakar tes dan pengukuran olahraga, pakar motor learning & development, pakar kepelatihan olahraga, dan pakar kepelatihan sepakbola. Data kuantitatif dari hasil penyebaran angket dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase dan data hasil tes (pre-test dan post-test) teknik dasar bermain sepakbola melalui penelitian eksperimen selama 16 kali pertemuan yang dianalisis dengan paired sample t-test.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) dibutuhkan model latihan teknik dasar bermain sepakbola berbasis pentahapan menurut kelompok usia dalam program latihan/pengajaran di sekolah sepakbola, (2) berhasil dikembangkan model latihan teknik dasar bermain sepakbola berbasis pentahapan untuk kelompok usia 6-8 tahun, 9-10 tahun dan 11-12 tahun yang dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar bermain sepakbola, utamanya adalah teknik dasar jugling, passing, dribbling, shooting, heading dan throw in, (3) hasil rancangan awal produk model latihan teknik dasar sepakbola berbasis pentahapan menurut kelompok usia dinyatakan layak untuk digunakan oleh ahli; pada uji coba kelompok kecil pada masing-masing kelompok usia diperoleh hasil berturut-turut 94.55%, 91.82%, 89.09%; untuk uji coba kelompok besar pada masing-masing kelompok usia diperoleh hasil 92.12%, 91.82%, 93.21% (4) model latihan teknik dasar bermain sepakbola berbasis pentahapan menurut kelompok usia efektif untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar bermain sepakbola, pada ketiga kelompok usia dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0>

×
Penulis Utama : Pomo Warih Adi
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : T861808007
Tahun : 2022
Judul : Model Latihan Teknik Dasar Bermain Sepakbola Berbasis Pentahapan menurut Kelompok Usia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Program Studi : S-3 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Model Latihan, Teknik Dasar Sepakbola, Kelompok Usia
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr. AIFO
3. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd
Penguji : 1. Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum
2. Prof. Dr. M. Furqon H., M.Pd
3. Prof. Dr. Ramdan Pelana, S.Or., M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.