Penulis Utama : Nur Ulil Absoriah
NIM / NIP : K7119203
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penggunaan media flashcard untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris materi daily activities pada siswa kelas IVA SDN 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris materi daily activities pada siswa kelas IVA SDN 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan media flashcard untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris materi daily activities pada siswa kelas IVA SDN 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IVA SDN 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023. Data penelitian ini terdiri dari data nilai keterampilan berbicara bahasa Inggris materi daily activities dan aktivitas dalam proses pembelajaran berbicara bahasa Inggris materi daily activities siswa kelas IVA SDN 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan kajian dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media flashcard untuk meningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris materi daily activities menggunakan empat langkah pokok yaitu: (a) mengelompokkan siswa, (b) implementasi media dalam pembelajaran, (c) membimbing siswa, (d) presentasi, (2) penggunaan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris materi daily activites siswa kelas IVA SD Negeri 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023 yang dapat dilihat dari presentase ketuntasan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa pada siklus 1 sebesar 67,5%, siklus II menjadi 81,66% dan siklus III meningkat menjadi 95%. (3) kendala dalam penelitian yaitu: (a) siswa kurang fokus dalam proses pembelajaran, (b) siswa kurang kondusif dalam beberapa langkah pembelajaran, (c) siswa pasif dalam bertanya dan memberikan tanggapan. Solusi dari kendala yang ada yaitu: (a) guru mengarahkan siswa untuk lebih fokus dalam proses pembelajaran, (b) guru  menetapkan peraturan dengan konsekuensi yang disepakati oleh seluruh siswa, contohnya menyanyikan lagu nasional atau melafalkan teks Pancasila didepan kelas untuk mengkondisikan siswa, (c) Guru memotivasi siswa agar antusias, memberikan pertanyaan pemantik kepada siswa, dan memberikan penguatan herbal melalui pujian.

Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris materi daily activities pada siswa kelas IVA SDN 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023.

 

×
Penulis Utama : Nur Ulil Absoriah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119203
Tahun : 2023
Judul : Peningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Materi Daily Activities Melalui Media Flashcard pada Siswa Kelas IVA SDN 1 Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : media flashcard, keterampilan berbicara, bahasa Inggris
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.