Penulis Utama : Lu'luul Asviyati
NIM / NIP : K7120154
×

Lu’luul Asviyati. K7120154. Pembimbing I: Drs. Ngatman, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Suhartono, M.Pd. PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MEDIA PICTURE MASK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA MATERI CERITA WAYANG PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI JEMUR TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. April 2024.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode role playing dengan media picture mask dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jawa materi cerita wayang pada siswa kelas VA SD Negeri Jemur tahun ajaran 2023/2024; (2) meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jawa materi cerita wayang melalui penerapan metode role playing dengan media picture mask pada siswa kelas VA SD Negeri Jemur tahun ajaran 2023/2024; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan metode role playing dengan media picture mask untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jawa materi cerita wayang pada siswa kelas VA SD Negeri Jemur tahun ajaran 2023/2024.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas VA SD Negeri Jemur yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif yang bersumber dari siswa, guru, dan dokumen. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan nontes. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode role playing dengan media picture mask dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) memilih masalah atau topik; (b) menyiapkan skenario; (c) membentuk kelompok; (d) menyiapkan pengamat; (e) memainkan peran menggunakan media picture mask; (f) diskusi dan evaluasi; dan (f) kesimpulan; (2) penerapan metode role playing dengan media picture mask dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, dengan persentase ketuntasan keterampilan berbicara siswa pada siklus I = 33,33%, siklus II = 57,14%, dan siklus III = 95,24%; (3) kendala yang paling dominan dari siklus I sampai siklus III yaitu sulitnya mengondisikan siswa ketika melaksanakan kegiatan role playing dengan media picture mask; solusinya yaitu guru lebih tegas dalam membimbing siswa dan memberikan motivasi bagi siswa agar mengikuti pembelajaran dengan baik.

Simpulan penelitian ini yaitu penerapan metode role playing dengan media picture mask dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jawa materi cerita wayang pada siswa kelas VA SD Negeri Jemur tahun ajaran 2023/2024.

×
Penulis Utama : Lu'luul Asviyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120154
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Metode Role Playing dengan Media Picture Mask untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Materi Cerita Wayang pada Siswa Kelas VA SD Negeri Jemur Tahun Ajaran 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : role playing, media picture mask, keterampilan berbicara Bahasa Jawa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd.
2. Dr. Suhartono, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
2. Dr. Dewi Indrapangastuti, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.