Penulis Utama : Nur Widia Ningsih
NIM / NIP : K7119204
×

Nur Widia Ningsih. PENERAPAN METODE SHOW AND TELL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JEMUR TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Fakultas, Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2023

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan metode show and tell dalam peningkatan keterampilan berbicara bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri Jemur tahun ajaran 2022/2023; (2) meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia tentang pada siswa kelas IV SD Negeri Jemur tahun ajaan 2022/2023 melalui penerapan metode show and tell; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan metode show and tell untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SDN Jemur tahun ajaran 2022/2023.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek diambil dari guru dan siswa SD Negeri Jemur tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes meliputi observasi, wawancara, dokumen, dan teknik tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan metode show and tell untuk meningkatkan keterampilan berbicara mata pelajaran bahasa Indonesia tahun ajaran 2022/2023 yang tepat yaitu (a) pengenalan metode show and tell, (b) pemodelan, (c) kegiatan show and tell, (d) guru mengamati dan memberikan komentar positif, (e) tanya jawab, (2) penerapan metode show and tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Jemur tahun ajaran 2022/2023 yang dibuktikan dengan hasil perolehan rata-rata resentase ketuntasan yang diperoleh setiap siklus meningkat secara signifikan. Siklus I memperoleh presentase rata-rata sebesar 63,64%, siklus II menjadi 79,55% dan siklus III meningkat menjadi 86,36%, (3) kendala pada penelitian ini yaitu: (a) waktu yang digunakan melebihi batas, (b) terdapat siswa yang masih malu-malu/kurang percaya diri saat berbicara, (c) siswa kurang kondusif saat kegiatan pembelajaran, dan (d) guru kurang tegas dalam pengawasan dan pengondisian siswa, Solusi dari kendala yang ada yaitu: (a) guru lebih tegas dalam penggunaan waktu terutama ketika siswa tampil dengan cara memberikan batasan waktu siswa tampil, (b) siswa diberikan semangat, motivasi agar lebih percaya diri ketika berbicara, dan bisa juga memberikan reward untuk siswa oleh guru, (c) guru mengarahkan siswa untuk lebih fokus dalam proses pembelajaran salah satunya dengan cara memberikan ice breaking disela-sela pembelajaran, dan (d) guru lebih tegas dalam pengondisian siswa dan tidak segan untuk memberikan teguran bagi siswa yang kurang kondusif.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode show and tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SDN Jemur tahun ajaran 2022/2023.

Kata kunci: Metode Show and Tell, Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia

×
Penulis Utama : Nur Widia Ningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119204
Tahun : 2023
Judul : PENERAPAN METODE SHOW AND TELL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN JEMUR TAHUN AJARAN 2022/2023
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Metode Show and Tell, Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.