Penulis Utama : Dian Nafiah
NIM / NIP : S082008003
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya: 1) Perbedaan pengaruh antara penggunaan model Project Based Learning (PJBL) dan Learning Cycle 7E (LC 7E) terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan; 2) Perbedaan pengaruh antara keterampilan kolaborasi siswa kategori tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan; 3) Perbedaan pengaruh antara keterampilan berpikir kreatif siswa kategori tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan; 4) Interaksi antara pengaruh penggunaan model PJBL dan LC 7E dengan keterampilan kolaborasi terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan; 5) Interaksi antara pengaruh penggunaan model PJBL dan LC 7E dengan keterampilan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan; 6) Interaksi antara keterampilan kolaborasi dan keterampilan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan; 7) Interaksi antara model PJBL dan LC 7E, keterampilan kolaborasi, serta keterampilan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain faktorial 2x2x2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI peminatan IPA di SMA Al Islam 1 Surakarta pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas XI 1 dan XI 2. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode angket. Uji Hipotesis dilakukan menggunakan uji anava dengan aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh bahwa ada perbedaan pengaruh antara model PJBL dan model LC 7E terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan, ada perbedaan pengaruh keterampilan berpikir kreatif tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan, ada perbedaan pengaruh keterampilan kolaborasi tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan, ada interaksi antara pembelajaran Fisika model PJBL dan model LC 7E dengan keterampilan berpikir kreatif tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan, tidak ada interaksi antara pembelajaran Fisika model PJBL dan model LC 7E dengan keterampilan kolaborasi tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan, tidak ada interaksi antara keterampilan berpikir kreatif tinggi dan rendah dengan keterampilan kolaborasi tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan, tidak ada interaksi antara pembelajaran Fisika model PJBL dan model LC 7E, keterampilan berpikir kreatif tinggi dan rendah, serta keterampilan kolaborasi tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan.

 

 

×
Penulis Utama : Dian Nafiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S082008003
Tahun : 2023
Judul : PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR KREATIF SISWA.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: Project Based Learning, Learning Cycle 7E, Keterampilan Kolaborasi, Keterampilan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Fisika
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Widha Sunarno, M.Pd
2. Dr. Suharno,, M.Si.
Penguji : 1. Sukarmin, S.Pd., M.Pd., Ph.D.
2. Dr. Daru Wahyuningsih, S.Si., M.Pd.
Catatan Umum : Bagian Halaman Awal kotak centang nya tidak muncul.
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.