Penulis Utama : Happy Tias Hapsari
NIM / NIP : K7119105
×

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses dan hasil pengembangkan media Pembelajaran Berbasis E-Flipbook Melalui Canva Pada Materi Satuan Waktu yang valid dan praktis. Dikembangkannya media pembelajaran ini yaitu untuk menanggulangi minimnya ketersediaan media pembelajaran software pada materi satuan waktu. Media yang dihasilkan dapat dimanfaatkan guru untuk menerangkan materi satuan waktu serta dapat dimanfaatkan peserta didik untuk meningkatkan pemahaman materi satuan waktu secara praktis.

Penelitian ini memakai metode penelitian pengembangan Research and Development atau (RnD) melalui model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata yang meliputi 3 tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan model dan uji model. Namun, pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan sebab kebutuhan dalam penelitian hanya sampai tahap pengembangan. Tahap awal yaitu tahap studi pendahuluan meliputi studi kepustakaan, survei lapangan selanjutnya menyusun produk awal. Tahap pengembangan model meliputi desain produk, validasi desain, revisi desain, uji terbatas, revisi produk dan evaluasi penyempurnaan. Subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi, serta angket. Dengan teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian yang dilakukan menghasilkan media pembelajaran e-flipbook yang valid, diperoleh berdasarkan hasil penilaian ahli materi dan ahli media. Penilaian dari ahli materi memperoleh hasil dengan persentase 86,52% yang masuk dalam kategori sangat baik. Penilaian dari ahli media memperoleh hasil dengan persentase 85,5% yang masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian kedua ahli tersebut maka media e-flipbook dapat dikatakan valid. Media pembelajaran e-flipbook yang dikembangkan juga menghasilkan media pembelajaran yang praktis. Diperoleh berdasatkan hasil uji coba terbatas yang dilakukan oleh 6 peserta didik kelas III yang memperoleh hasil dengan persentase 95,66% dan masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian peserta didik maka media pembelajaran e-flipbook yang dikembangkan dapat dikatakan praktis.

×
Penulis Utama : Happy Tias Hapsari
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : K7119105
Tahun : 2023
Judul : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-FLIPBOOK MELALUI CANVA PADA MATERI SATUAN WAKTU UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SD N KARANGASEM IV SURAKARTA TA 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : media pembelajaran, e-flipbook, satuan waktu, sekolah dasar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Riyadi, M.Si
2. Drs. Tri Budiharto, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si
2. Dwi Yuniasih Saputri, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.