Penulis Utama : Afiati Farrokha
NIM / NIP : K2318003
×

Afiati Farrokha. K2318003. Pembimbing I: Prof. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si. Pembimbing II: Dr. Yulianto Agung Rezeki, S.Pd., M.Si. PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dengan pendekatan saintifik pada materi Suhu dan Kalor dengan kriteria baik dan (2) Mendeskripsikan spesifikasi media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dengan pendekatan saintifik pada materi Suhu dan Kalor. Penelitian menggunakan metode research and development (R&D) dengan tiga tahap awal model ADDIE, yaitu analysis (analisis), design (desain), dan development (pengembangan). Sumber data penelitian ini meliputi 2 orang ahli, 2 guru fisika SMA, dan 68 siswa. Guru dan siswa berasal dari 2 sekolah yang berbeda, yaitu SMA Batik 2 Surakarta dan SMA Muhammadiyah Imam Syuhodo Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini didapatkan sebuah produk media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dengan pendekatan saintifik pada materi Suhu dan Kalor. Berdasarkan hasil peneitian dapat disimpulkan bahwa: (1) dihasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dengan pendekatan saintifik pada materi Suhu dan Kalor yang memenuhi kriteria sangat baik ditinjau dari aspek materi, media, dan bahasa berdasarkan hasil validasi dan penilaian oleh ahli, praktisi, dan siswa pada uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, serta uji coba kelompok besar dan (2) spesifikasi media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dengan pendekatan saintifik pada materi Suhu dan Kalor yaitu meliputi dua halaman utama yaitu halaman awal atau sampul yang berisi identitas pengguna dan halaman menu utama yang berisi halaman petunjuk penggunaan, halaman kompetensi, halaman kegiatan belajar, halaman daftar pustaka, dan halaman info. Dapat diakses secara online melalui link yang disediakan menggunakan perangkat smartphone, tablet, laptop maupun komputer dan dapat diinstal pada android dengan ukuran yang relatif kecil hanya 6,9 MB.

×
Penulis Utama : Afiati Farrokha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2318003
Tahun : 2023
Judul : Penyusunan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Suhu dan Kalor
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Articulate Storyline 3, Suhu dan Kalor
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwanto, S. Pd., M. Si.
2. Dr. Yulianto Agung Rezeki, S. Pd., M. Si.
Penguji : 1. Dr. Daru Wahyuningsih, S. Si., M. Pd.
2. Dwi Teguh Rahardjo, S. Si., M. Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.