Penulis Utama : Indhi Mars Baramukti
NIM / NIP : K7119119
×

Indhi Mars Baramukti. K7119119. Pembimbing I: Dr. Rokhmaniyah, M. Pd. Pembimbing II: Dr. Suhartono, M. Pd. PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD N 2 SIDOMUKTI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model discovery learning dengan media konkret pada siswa kelas V SD N 2 Sidomukti Tahun Ajaran 2022/2023; (2) meningkatkan pembelajaran matematika materi bangun ruang; dan (3) mendeskripsikan bagaimana kendala dan solusi pada penerapan model discovery learning dengan media konkret.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD N 2 Sidomukti dengan kolaborasi bersama guru kelas selama tiga siklus. Subjek penelitian ini yaitu seorang guru dan 13 siswa kelas V SD N 2 Sidomukti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan tes. Teknik uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, langkah-langkah model discovery learning dengan media konkret dilaksanakan dengan cara stimulation dengan media konkret, problem statement, data collection dengan media konkret, data processing, verification dengan media konkret, generalization dengan media konkret. Kedua, penerapan model pembelajaran discovery learning dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sidomukti tahun ajaran 2022/2023. Ketiga, kendala penerapan model pembelajaran discovery Learning dengan media konkret yaitu: (1) siswa belum maksimal dalam penggunaan media; (2) siswa kurang aktif dalam pembelajaran; (3) siswa belum memberikan tanggapan kepada kelompok lain. Adapun solusi yang diberikan oleh peneliti yaitu: (1) siswa harus mempelajari lebih dalam tentang pemanfaatan media dalam pembelajaran; (2) siswa harus berpartisipasi dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan (3) siswa perlu lebih percaya diri dan belajar bagaimana berinteraksi dengan kelompok lain.

Kesimpulan Penelitian ini yaitu penerapan model discovery learning dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sidomukti tahun ajaran 2022/2023.

×
Penulis Utama : Indhi Mars Baramukti
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : K7119119
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SDN 2 Sidomukti Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : discovery learning, media konkret, pembelajaran matematika
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd
2. Dr. Suhartono, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si
2. Dr. Moh Salimi, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.