Penulis Utama : Muhammad Sholihul Huda
NIM / NIP : K7119173
×

 


Muhammad Sholihul Huda, K7119173. STUDI TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP ISI BACAAN PADA PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SOROPADAN. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2023.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam memahami isi teks bacaan pada program Gerakan Literasi Sekolah siswa kelas IV SD Negeri Soropadan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini ditinjau dari 4 aspek tingkat pemahaman siswa. Keempat aspek tersebut, yaitu : (1) mengidentifikasi tema bacaan, (2) mengidentifikasi stuktur  isi bacaan, (3) mengidentifikasi tokoh, watak, dan setting, dan (4) memahami informasi penting dan pesan umum dalam bacaan. Pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Soropadan dan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, serta studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif model Miles and Huberman. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase yang diperoleh pada kemampuan mengidentifikasi tema bacaan sebesar 91,35% dan termasuk dalam kategori tinggi. Persentase yang diperoleh pada aspek mengidentifikasi tema bacaan sebesar 83,92% termasuk dalam ketegori tinggi. Persentase yang diperoleh pada aspek mengidentifikasi struktur isi bacaan sebesar 86,60% yang mana dikategorikan tinggi. Persentase yang diperoleh pada aspek mengidentifikasi tokoh, watak, dan setting sebesar 84,79%  termasuk dalam ketegori tinggi. Persentase yang diperoleh pada aspek memahami informasi penting dan pesan umum dalam bacaan sebesar 66,68% termasuk dalam ketegori sedang. Berdasarkan analisis terhadap data hasil penelitian, maka dapat dirumuskan kesimpulan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap isi bacaan dalam program Gerakan Literasi Siswa di SD Negeri Soropadan sudah berada dalam kategori baik. Kategori ini didasarkan pada pencapaian kemampuan klasikal siswa kelas IV yang secara umum berada dalam rataan 80,49% siswa yang berhasil memahami isi bacaan pada 4 wacana yang di baca setiap minggunya. Kondisi ini terjadi sebagai hasil dari pola aktivitas Gerakan Literasi Siswa di SD Negeri Soropadan yang sudah berlangsung secara reguler dan berkelanjutan. 


Kata kunci: pemahaman bacaan, teks wacana, gerakan literasi sekolah, sekolah dasar

×
Penulis Utama : Muhammad Sholihul Huda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119173
Tahun : 2024
Judul : Studi Tingkat Pemahaman Peserta Didik terhadap Isi Bacaan pada Program Gerakan Literasi Sekolah Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Soropadan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: pemahaman bacaan, teks wacana, gerakan literasi sekolah, sekolah dasar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Karsono, S.Sn., M.Sn.
2. Dr. Matsuri, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Idam Ragil W.A., S.Pd., M.Si.
2. Roy Ardiansyah, S.Pd, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.