Penulis Utama : Siti Rohmawati
NIM / NIP : H0717135
×

RINGKASAN

 

POTENSI HASIL, KADAR LEMAK DAN PROTEIN GALUR HARAPAN PADI HITAM HASIL IRADIASI SINAR GAMMA. Skripsi. Siti Rohmawati (H0717135). Pembimbing : Supriyono, Nandariyah. Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Padi hitam merupakan salah satu pangan fungsional karena memiliki kandungan protein, vitamin dan mineral lebih tinggi dibanding dengan beras putih pada umumnya. Protein yang terdapat dalam padi hitam berfungsi sebagai antibodi, membentuk sel-sel baru, pengganti sel-sel pada jaringan yang rusak dan sumber energi. Budidaya padi hitam memiliki beberapa kelemahan, antara lain umur tanaman panjang (>150hari), habitus tanaman yang tinggi dan produktivitas rendah (<5ton xss=removed> Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki permasalahan tersebut adalah dengan pemuliaan mutasi menggunakan iradiasi sinar gamma. Penelitian pemuliaan ini bertujuan untuk menghasilkan tanaman mutan yang unggul dengan hasil dan protein yang melimpah.

Penelitian dilaksanakan di lahan sawah Desa Pakahan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah mulai bulan Januari 2020 sampai Juni 2021. Penelitian mengggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor tungal yang terdiri tiga galur harapan (8,13,44) dan padi hitam cempo ireng tanpa iradiasi sinar gamma (kontrol) sebagai pembanding. Data dari hasil pengamatan kemudian dianalisis secara deskriptif dan dibandingkan dengan kontrol menggunakan uji T. Variabel yang diamati antara lain tinggi tanaman, umur berbunga dan umur panen, panjang malai, jumlah biji permalai, indeks kelebatan malai, bobot 1000 biji, berat gabah per rumpun tanaman, kandungan protein dan kandungan lemak. Uji kandungan protein dan lemak di Laboratorium Chem-Mix Pratama Desa Jambidan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hasil penelitian potensi hasil, kadar lemak dan protein galur harapan padi hitam cempo ireng hasil iradiasi sinar gamma menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan padi hitam tanpa iradiasi sinar gamma (kontrol). Galur harapan 8 memiliki indeks kelebatan malai tertinggi sebesar 5.60 dan jumlah biji banyak dengan rata-rata 123.43 bulir. Kandungan protein galur harapan padi hitam hasil iradiasi sinar gamma menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan padi hitam tanpa iradiasi sinar gamma (kontrol). Galur harapan 13 memiliki rata- rata kandungan protein tertinggi sebesar 8,69 %.

×
Penulis Utama : Siti Rohmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0717135
Tahun : 2024
Judul : Potensi hasil, kadar lemak dan galur harapan padi hitam hasil iradiasi sinar gamma
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2024
Program Studi : S-1 Agroteknologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : potensi hasil, lemak, protein, iradiasi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Supriyono, M.S.
2. Prof. Dr. Ir. Nandariyah, M.S.
Penguji : 1. Dr. Ir. Muji Rahayu, S.P., M.P.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.