Penulis Utama : Yulian Silvi Lukytaningrum
NIM / NIP : D1512096
×

ABSTRAK

Yulian Silvi Lukytaningrum, D1512096, “PELAYANAN ADMINISTRASI BAGI PENGEMBANGAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BADAN KEPEGAWAIAN KABUPATEN SRAGEN”, Laporan Tugas Akhir, Program Diploma III, Manajeman Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2015, 44 halaman.
    Pelayanan administrasi dapat didefinisikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan yang pada prinsipnya menjadi tanggungjawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah di pusat, di daerah, dan di lingkungan BUMN dan atau BUMD, baik dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan  perundang-undangan, yang bentuk produk pelayanannya adalah ijin atau warkat. Tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan administrasi pengembangan pegawai di Kabupaten Sragen.
    Dalam melakukan pengamatan dipilih lokasi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sragen dengan pertimbangan bahwa BKD Kabupaten Sragen sebagai pusat pelayanan administrasi pengembangan PNS. Jenis pengamatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan, memaparkan, dan menganalisa sejumlah data yang ada baik secara tertulis maupun lisan berdasarkan pengamatan dan berhubungan langsung dengan informan dan melalui dokumen-dokumen perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data berupa reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa pelayanan administrasi pengembangan pegawai di Kabupaten Sragen terdiri dari pelayanan administrasi pengajuan Surat Keterangan Ijin Belajar, Surat Keterangan Belajar, Surat Keterangan Tugas Belajar, Surat Keterangan Penggunaan Gelar. Sementara pelayanan pengembangan pegawai yang ada antara lain pengiriman peserta Diklat Pim II dan Pim III, pengiriman peserta diklat teknis dan fungsional, pengiriman peserta ujian dinas dan atau ujian penyesuaian ijazah, serta pengiriman peserta workshop, seminar, sosialisasi, pelatihan. Pelaksanaan pelayanan administrasi pengembangan pegawai cukup baik, namun masih terdapat beberapa kendala ringan dalam pemrosesan pelayanan.
    Kesimpulan dari pengamatan ini adalah pelayanan administrasi pengembangan PNS di Kabupaten Sragen memiliki dua fungsi, yaitu pelayanan administrasi pengejuan Surat Keterangan dan pengiriman peserta pengembangan pegawai. Saran untuk Bagian Perencanaan dan Pengembangan Pegawai di Kabupaten Sragen adalah agar menambah pegawai khususnya subag pengembangan, pembenahan ruang komputer, dan perawatan peralatan khususnya untuk komputer.

Kata Kunci: PNS, Pelayanan Administrasi, Pengembangan Pegawai, Pengembangan PNS

 

×
Penulis Utama : Yulian Silvi Lukytaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1512096
Tahun : 2015
Judul : Pelayanan Administrasi Bagi Pengembangan Pegawai Negeri Sipil Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Manajemen Administrasi-D.1512096-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sudarto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.