Penulis Utama : Amalia Zulvia Widyaningrum
NIM / NIP : S851308005
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) manakah model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, model pembelajaran RT dengan pendekatan Saintifik, QSH pendekatan Saintifik atau Klasikal dengan pendekatan Saintifik, (2) manakah yang memiliki prestasi belajar yang lebih baik, siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik, (3) pada masing-masing gaya belajar, manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik antara model pembelajaran RT dengan pendekatan Saintifik, QSH pendekatan Saintifik atau Klasikal dengan pendekatan Saintifik, (4) pada tiap-tiap model pembelajaran, manakah yang memiliki prestasi belajar yang lebih baik antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP di Kota Metro Provinsi Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling. Teknik pengambilan data meliputi dokumentasi untuk memperoleh nilai ujian semester genap kelas VII untuk data kemampuan awal eksperimen, tes untuk memperoleh data prestasi belajar siswa, dan angket untuk memperoleh data gaya belajar siswa. Sebelum melaksanakan penelitian terhadap ketiga kelompok populasi dilakukan uji keseimbangan menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah anava dua jalan dengan sel tak sama dengan desain faktorial 3x3. Uji prasyarat dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas.
Dari hasil analisis disimpulkan : (1) model pembelajaran kooperatif tipe RT menghasilkan prestasi belajar lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe QSH, model pembelajaran kooperatif tipe RT menghasilkan prestasi belajar lebih baik daripada model pembelajaran Klasikal, dan model pembelajaran QSH menghasilkan prestasi belajar lebih baik daripada model pembelajaran Klasikal, (2) siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang sama dengan siswa dengan gaya belajar auditorial, prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar visual lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki prestasi yang sama dengan siswa dengan gaya belajar kinestetik, (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi yang sama dengan siswa dengan gaya belajar auditorial, prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar visual lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki prestasi yang sama dengan siswa dengan gaya belajar kinestetik, (4) pada masing-masing gaya belajar siswa, prestasi belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran
kooperatif tipe RT lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe QSH, prestasi belajar matematika dengan menggunakan kooperatif tipe RT lebih baik daripada pembelajaran Klasikal, sedangkan prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe QSH lebih baik daripada pembelajaran Klasikal.
Kata Kunci : Round Table (RT), Question Student Have (QSH), Klasikal, Gaya Belajar.

 

×
Penulis Utama : Amalia Zulvia Widyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851308005
Tahun : 2015
Judul : Eksperimentasi model pembelajaran round table (rt) dan question student have (qsh) dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan operasi bentuk aljabar ditinjau dari gaya belajar siswa kelas viii smp se-kota metro lampung tahun pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S.851308005-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Dr. Sri Subanti, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.