Penulis Utama : Tiara Rista Pratiwi
NIM / NIP : D0210116
×

Trend belanja online menjadi fenomena baru dalam paradigma berbelanja masyarakat Indonesia saat ini. Mengkomunikasikan produk dan jasa melalui online shop kini banyak dilakukan oleh pemasar. Salah satu media online yang efektif untuk beriklan adalah situs jejaring sosial. Pemasar pun dituntut lebih kreatif dalam membuat sebuah iklan. Salah satu strategi beriklan di media online yang sedang marak dilakukan adalah dengan menggunakan jasa selebriti pendukung (celebrity endorser).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan iklan Kaffah di Instagram dan penggunaan celebrity endorser pada iklan Kaffah di akun @kaffahbysj terhadap minat beli pada follower akun @kaffahbysj.
Sebagai sampel dalam penelitian itu adalah follower akun @kaffahbysj, dengan jumlah sampel sebesar 99 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekspanatif dan bersifat kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode kuesioner dengan teknik analisis regresi linear berganda.
Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel terpaan iklan Kaffah di Instagram mempunyai nilai sig sebesar 0,095 > 0,05, yang berarti variabel terpaan iklan Kaffah di Instagram tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pada follower akun @kaffahbysj. Kemudian variabel penggunaan celebrity endorser pada iklan Kaffah di akun @kaffahbysj mempunyai nilai sig sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti variabel penggunaan celebrity endorser pada iklan Kaffah di akun @kaffahbysj mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pada follower akun @kaffahbysj. Dari kedua hasil tersebut dapat diketahui bahwa hanya variabel celebrity endorser yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pada follower akun @kaffahbysj.
Sedangkan hasil dari uji F menunjukkan bahwa nilai sig dari variabel terpaan iklan Kaffah di Instagram dan penggunaan celebrity endorser pada iklan Kaffah di akun @kaffahbysj 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terpaan iklan Kaffah di Instagram dan penggunaan celebrity endorser pada iklan Kaffah di akun @kaffahbysj secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pada follower akun @kaffahbysj.
Kata Kunci: Terpaan iklan, Selebriti endorser, Instagram, Minat Beli

 

×
Penulis Utama : Tiara Rista Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0210116
Tahun : 2015
Judul : Terpaan iklan, penggunaan celebrity endorser dan minat beli (Studi Pengaruh Terpaan Iklan Kaffah di Instagram dan Penggunaan Celebrity Endorser pada Iklan Kaffah di akun @kaffahbysj terhadap Minat Beli pada Follower Akun @kaffahbysj)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.0210116-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tanti Hermawati, S. Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.