Penulis Utama : Syarifah Anna Aziza
NIM / NIP : D1218043
×

Kemajuan teknologi dan mudahnya tersebar informasi dengan adanya media sosial menimbulkan adanya tren iklan di media sosial, salah satu fitur periklanan tersebut adalah Carousel Ads pada media sosial instagram, beriklan merupakan salah satu cara yang bisa  ditempuh untuk mengkomunikasikan produk pada sasarannya yang nantinya dapat membentuk citra produk dan membuat konsumen memiliki minat beli. Salah satu cara kreatif untuk menyampaikan pesan agar pesan iklan lebih menarik dan juga dapat membentuk suatu citra produk adalah dengan menggunakan narasumber atau selebriti Instagram sebagai figur yang dapat menarik perhatian dalam iklan juga dapat meningkatkan citra produk yang lebih positif, serta memengaruhi  minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara terpaan iklan, brand image, dan selebgram endorser terhadap minat beli. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Elaboration Likelihood Model yang dikembangkan pertama kali oleh Richard E Petty dan John T. Cacioppo (1980). Teori ini menjelaskan bagaimana penerima dapat terpengaruh oleh maksud dari pesan yang disampaikan komunikator sehingga tujuan yang diinginkan komunikator dapat direalisasikan secara langsung. Pada umumnya kasus yang terlibat dalam model ini adalah komunikasi yang terjadi di media massa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 271 responden (followers akun Instagram @fijria.scarf melalui Google Form pada bulan Oktober 2020). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.

Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Terpaan Iklan, brand image, Selebgram Endorser di Instagram terhadap minat beli pada produk Fijria Scarf pada Followers akun Instagram @Fijria.scarf. Diperoleh hasil pengujian bahwa terdapat pengaruh signifikan terpaan iklan terhadap minat beli sebesar 15,1%, tidak terdapat pengaruh signifikan brand image terhadap minat beli sebesar 6,5%, dan terdapat pengaruh signifikan selebgram endorser terhadap minat beli sebesar 21,1%, dan pengaruh ketiganya secara simultan terhadap minat beli pada produk fijria scarf pada Followers akun instagram @fijria.scarf sebesar 11,3%.

Keywords: Terpaan iklan, brand image, selebgram endorser, minat beli, Elaboration Likelihood Model theory.

×
Penulis Utama : Syarifah Anna Aziza
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1218043
Tahun : 2020
Judul : Terpaan Iklan, Brand Image, Penggunaan Selebgram Endorser dan Minat Beli (Studi Pengaruh Terpaan Iklan Carousel Ads Fijria Scarf di Instagram, Brand Image dan Penggunaan Selebgram Endorser di Akun @Fijria.Scarf terhadap Minat Beli Pada Follower Akun @Fijria.Scarf)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Sosial dan Politik, Jur Ilmu Komunikasi-D1218043-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Chatarina Heny Dwi Surwati, S.sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.