Penulis Utama : Sri Yunianti
NIM / NIP : K7112240
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan hasil belajar IPS tentang aktivitas ekonomi; (2) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan strategi GNT dengan media gambar; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan strategi GNT dengan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang aktivitas ekonomi di kelas IV SD Negeri 2 Kutosari tahun ajaran 2015/2016.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Kutosari yang beralamat di Jalan Pahlawan 207 Kebumen, Kutosari, Kebumen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 45. Sumber data terdiri dari siswa, guru kelas, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan strategi GNT dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang aktivitas ekonomi di kelas IV SD Negeri 2 Kutosari tahun ajaran 2015/2016. Dengan KKM 75, hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan  siklus I mencapai 45,90% dengan rata-rata nilai 69,83; pada siklus II sudah mencapai 73,91% dengan rata-rata nilai 83,52; dan pada siklus III mencapai 88,06% dengan rata-rata nilai 88,77; (2) penerapan strategi GNT dengan media gambar dilakukan dengan langkah-langkah: (a) pembagian lembar catatan secara estafet; (b) pembagian gambar aktivitas ekonomi dengan estafet; (c) penyampaian materi dan pembimbingan mengisi lembar catatan dengan tanya jawab; (d) pembacaan hasil catatan bersama-sama; dan (e) klarifikasi dengan tanya jawab; dan (3) kendala pelaksanaan yaitu: (a) penerapan lembar catatan yang kurang tepat; (b) siswa kesulitan mengisi lembar catatan; (c) siswa kesulitan membacakan hasil catatan temannya; dan (d) siswa kesulitan mengerjakan soal evaluasi. Solusi dari kendala yang muncul yaitu: (a) peneliti berkomunikasi dengan guru membahas penerapan lembar catatan dalam pembelajaran; (b) guru mengulangi penjelasan sampai siswa paham cara mengisi lembar catatan; (c) siswa mengoreksi lembar catatan masing-masing; dan (d) kesimpulan disampaikan sebelum evaluasi serta sesuaikan materi pada lembar catatan dengan lembar evaluasi.

Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi GNT dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: strategi GNT, media gambar, hasil belajar, IPS

×
Penulis Utama : Sri Yunianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112240
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Strategi Guided Note Taking (GNT) dengan Media Gambar dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Aktivitas Ekonomi di Kelas IV SD Negeri 2 Kutosari Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7112240-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suhartono, M.Pd.
2. Moh. Salimi, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.