Penulis Utama : Intan Ade Puspita
NIM / NIP : K7112521
×

ABSTRAK

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE AR-SA </xml><![endif]-->

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendiskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS; (2) untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui pendekatan saintifik dengan multimediapada siswa kelas V SDN 1 Pejagoan tahun 2015/2016; dan (3) untuk menemukan kendala dansolusi yang dihadapi pada penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia dalam peningkatan hasil belajar IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN 1 Pejagoan tahun 2015/2016.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Pejagoan tahun 2015/2016 yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16  siswa perempuan. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non-tes. Validasi data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber.. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pendekatan saintifik dilaksanakan melalui lima langkah, yaitu: (a) mengamati dengan multimedia, (b) menanya dengan multimedia, (c) mengumpulkan informasi dengan multimedia, (d) mengolah informasi, dan (e) mengkomunikasikan. (2) Penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini dapat dibuktikan persentase ketuntasan hasil belajar dengan KKM = 75 pada pada siklus I sebesar 69,04, siklus II 81,66%, dan siklus III 84,59%. (3) Kendala penerapan pendekatan saintifik dengan media visual yaitu: (a) beberapa siswa tidak memperhatikan saat siswa lain mempresentasikan hasil diskusi kelompok, (b) beberapa siswa tidak memperhatikan penguatan yang diberikan guru, dan (c) guru tidak menyampaikan kesimpulan di akhir pembelajaran. Solusinya yaitu: (a) membimbing dan menegur siswa agar memperhatikan presentasi hasil diskusi dari kelompok lain, (b) menegur siswa yang tidak memperhatikan penguatan yang diberikan guru, dan (c) guru menyampaikan kesimpulan di akhir pembelajaran dan meminta siswa untuk menulisnya agar siswa tidak lupa.

Simpulan penelitian ini yaitu penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesiapada siswa kelas V SDN 1 Pejagoan tahun 2015/2016.

 

Kata kunci: pendekatan saintifik, multimedia, hasil  belajar IPS.

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:IN;} </style>

×
Penulis Utama : Intan Ade Puspita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112521
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa dan Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Bagi Siswa Kelas V SDN 1 Pejagoan Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7112521-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh. Chamdani, M.Pd
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.