Penulis Utama : Purwati Zisca Diana
NIM / NIP : T841208009
×

Penelitian ini adalah ihwal pengembangan buku ajar bahasa Indonesia berbasis pembelajaran kolaboratif untuk penguatan pendidikan karakter di perguruan tinggi. Dalam penelitian ini mengkaji pentingnya buku ajar sebagai sarana untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar bahasa Indonesia berbasis pembelajaran kolaboratif untuk penguatan pendidikan karakter di perguruan tinggi. Berdasarkan hasil observasi terdapat beberapa permasalahan yang ditemui di lapangan terkait mata kuliah bahasa Indonesia, yaitu (1) strategi pembelajaran yang masih monoton (perkuliahan hanya diisi dengan ceramah), (2) belum adanya buku ajar bahasa Indonesia berbasis pembelajaran kolaboratif, dan (3) belum adanya buku ajar bahasa Indonesia yang mengintegrasikan pendidikan karakter.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Tujuan dari metode ini adalah untuk merancang produk atau prosedur baru. Terdapat empat tahapan dalam penelitian ini, yaitu eksplorasi, pengembangan model, pengujian model, dan diseminasi. Namun, langkah penelitian tersebut telah divariasi oleh Sukmadinata, sehingga menjadi tiga tahapan, yaitu studi pendahuluan, tahap pengembangan produk/model, dan menguji atau memvalidasi produk/model. Pada studi pendahuluan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Pada tahap pengembangan model mengacu pada model Glanz dan Zuber-Skeritt. Pada tahap pengujian model menggunakan teori Gall, Gall, & Borg dan Cohen, et al. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposif (purposive sampling), penentuan sampel ditentukan oleh peneliti dengan tujuan dan pertimbangan sampel dapat mewakili populasi mahasiswa perguruan tinggi Yogyakarta (UST, UAD, USD, dan UNY).
Hasil penelitian pada tahap studi pendahuluan menunjukkan bahwa kondisi buku ajar Bahasa Indonesia yang digunakan di UST, UAD, USD, dan UNY belum sesuai dengan kebutuhan dosen dan mahasiswa. Pada studi pendahuluan ini dilaksanakan analisis kebutuhan yang merupakan dasar dari penyusunan prototipe model buku ajar bahasa Indonesia berbasis pembelajaran kolaboratif untuk penguatan pendidikan karakter di perguruan tinggi. Langkah-langkah yang dilakukan pada tahap pengembangan model adalah: menyusun Satuan Acara pengajaran (SAP) mata kuliah Bahasa Indonesia, menyusun kerangka materi buku ajar Bahasa Indonesia, menentukan prosedur pembelajaran dengan pendekatan kolaboratif untuk penguatan pendidikan karakter, menentukan evaluasi pembelajaran, dan menyunting naskah buku ajar Bahasa Indonesia. Hasil perbaikan kemudian diujicobakan secara terbatas dan lebih luas di empat universitas Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil uji efektivitas dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa dengan menggunakan buku ajar Bahasa Indonesia berbasis pembelajaran kolaboratif untuk penguatan pendidikan karakter di perguruan tinggi lebih baik daripada mahasiswa yang tidak menggunakan buku ajar (menggunakan buku ajar konvensional).
Kata kunci: buku ajar, pembelajaran kolaboratif, dan pendidikan karakter

×
Penulis Utama : Purwati Zisca Diana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T841208009
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Pembelajaran Kolaboratif Untuk Penguatan Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-T.841208009-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd
2. Dr. Kundharu Saddhono, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.