Penulis Utama : Ferry Yunianto
NIM / NIP : K4612068
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar smash permainan bolavoli dengan penerapan gaya inklusi pada peserta didik kelas VIII B SMP N 14 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII B SMP N 14 Surakarta yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 19 peserta didik putra dan 13 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.
Dari hasil analisis diperoleh peningkatan hasil belajar smash permainan bolavoli yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil belajar smash permainan bolavoli pra siklus dari jumlah peserta didik 32 hanya 12 peserta didik yang tuntas dan 20 peserta didik tidak tuntas atau dengan presentase 37,5% peserta didik tuntas dan 62,5% peserta didik tidak tuntas. Kemudian hasil belajar belajar yang ditunjukan peserta didik pada siklus I menunjukan peningkatan yang sangat signifikan yaitu 19 peserta didik atau 59,375% masuk dalam kategori tuntas dan sisanya 13 peserta didik atau 40,625% masuk dalam kategori tidak tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu 100% atau 32 peserta didik masuk kategori tuntas.
Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan gaya inklusi dapat meningkatkan hasil belajar smash permainan bolavoli pada peserta didik kelas VIII B SMP N 14 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Hasil Belajar Smash Permainan Bolavoli, Gaya Inklusi.

×
Penulis Utama : Ferry Yunianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612068
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Gaya Inklusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Smash Permainan Bolavoli pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2015 / 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K.4612068-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Waluyo, M.Or.
2. Djoko Nugroho, S.Pd, M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.