Penulis Utama : Muhammad Fahmi Al Amiq
NIM / NIP : K3212037
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran Lukis Totebag di kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2017/2018. Dan (2) Bagaimana bentuk hasil karya Lukis Totebag yang dihasilkan siswa di kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2017/2018.
 
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu Bapak Subandiyo S.Pd selaku guru mata pelajaran seni budaya di kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Boyolali, serta foto proses pembelajaran, hasil karya siswa dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara terstruktur dan mendalam, serta dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan membandingkan sumber data yang di peroleh berupa daftar hasil wawancara dengan Bapak Subandiyo S.Pd selaku guru mata pelajaran Seni Budaya dengan siswa di kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Boyolali, serta review informant. Analisis data yang digunakan adalah model analisis mengalir, yaitu: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran Lukis Totebag diawali dengan pembuatan RPP, selanjutnya pembelajaran dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran ini adalah pendekatan scientific. Metode pembelajaran yang digunakan meliputi metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas. Media pembelajaran yang digunakan berupa slide power point dan media visual berupa sampel karya dari guru. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan menilai aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Proses pembuatan karya dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu membuat sketsa, proses pewarnaan, dan finishing. (2) Secara umum pembuatan karya lukis totebag siswa sudah baik, teknik lukis pada pewarnaan dan finishing dalam membuat karya lukis totebag sudah baik. Karya lukis totebag yang dihasilkan oleh siswa sudah mengandung unsur-unsur seni rupa, yaitu: garis, bentuk, bidang, gelap terang, dan warna. Selain itu, karya lukis totebag yang dihasilkan oleh siswa juga sudah mengandung prinsip-prinsip seni rupa, yaitu: irama (rhytm), dominasi (dominance), keseimbangan (balance), kesatuan (unity), keserasian (harmony), dan kesebandingan (proportion).
 
Kata Kunci: Seni Budaya, Pembelajaran Seni Rupa, Lukis Totebag

×
Penulis Utama : Muhammad Fahmi Al Amiq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212037
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Lukis pada Totebag dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas X Mia 3 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Fisika-K3212037-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd.
2. Dr. Adam Wahida, M.Sn,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.