Penulis Utama : Hesti Tri Endraningsih
NIM / NIP : K2514035
×

ABSTRAK
Hesti Tri Endraningsih. K2514035. HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MICRO TEACHING DAN MAGANG KEPENDIDIKAN 3 DENGAN KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNS ANGKATAN 2014. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Agustus 2018.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji berpengaruh atau tidaknya (1) prestasi belajar micro teaching dengan kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2014 (2) prestasi belajar magang kependidikan 3 dengan kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2014 (3) prestasi belajar micro teaching dan magang kependidikan 3 secara bersama-sama dengan kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2014.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2014 berjumlah 65 mahasiswa. Ukuran sampel diambil dengan teknik simple random sampling berjumlah 55 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi untuk data prestasi belajar micro teaching dan magang kependidikan 3, serta metode angket untuk data kesiapan menjadi guru. Uji coba instrumen kesiapan menjadi guru dilakukan pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2014 sebanyak 30 mahasiswa. Uji validitas butir menggunakan rumus Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi partial dan regresi linear ganda. Pengujian dan analisis data menggunakan software SPPS versi 21.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif yang signifikan antara prestasi belajar micro teaching dengan kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2014; (2) ada hubungan positif yang signifikan antara prestasi magang kependidikan 3 dengan kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2014; (3) ada hubungan positif yang signifikan antara prestasi belajar micro teaching dan magang kependidikan 3 dengan kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2014.

Kata Kunci : kesiapan menjadi guru, prestasi belajar magang kependidikan 3, prestasi belajar micro teaching

 

×
Penulis Utama : Hesti Tri Endraningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2514035
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Prestasi Belajar Micro Teaching dan Magang Kependidikan 3 dengan Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS Angkatan 2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS_FKIP-Prog. Pendidikan Teknik Mesin- K2514035-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd
2. Rohman, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.