Penulis Utama : Ramadhana Helmi Aminandar
NIM / NIP : K3513053
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kemampuan calon guru PTIK FKIP UNS dalam pelaksanaan pembelajaran mikro dikaji berdasarkan TPACK, (2) Untuk mengetahui perbandingan kemampuan antar program keahlian calon guru PTIK FKIP UNS dikaji berdasarkan TPACK, (3) Untuk mengetahui bagaimana calon guru mempersiapkan TPACK dalam melaksanakan pembelajaran.
    Penelitian ini menggunakan kombinasi dari penelitian kuantitatif dan penelitan kualitatif. Metode kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pengukuruan self-report dengan likert scale untuk menyimpan persepsi penilaian responden dalam melaksanakan micro teaching. Metode kualitatif dilakukan dalam bentuk wawancara semi struktur untuk mengetahui  pendapat calon guru dalam mempersiapkan pembelajaran .
    Berdasarkan  hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Kemampuan TPACK calon guru pada kategori baik dengan rerata keseluruhan sebesar 70,89%, perlu ditingkatkan pada aspek Pedagogical Content Knowledge (PCK) agar pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih baik lagi (2) Program keahlian TKJ berada kategori baik pada ketujuh aspek TPACK, sedangkan program keahlian RPL dan MM pada aspek PCK dengan kategori cukup. (3) Dari hasil wawancara  penggunaan teknologi dalam pembelajaran tidak hanya sekedar menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak, calon guru mempunyai alasan dan tujuan dari penggunaan teknologi.

Kata Kunci : Calon guru, TPACK, mempersiapkan pembelajaran

 

×
Penulis Utama : Ramadhana Helmi Aminandar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513053
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kemampuan Technological Paedagogical Content Knowledge (TPACK) Calon Guru PTIK FKIP UNS dalam Mempersiapkan Pembelajaran
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3513053-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Cucuk Wawan Budiyanto, ST., Pd.D
2. Dwi Maryono, S.Si, M.Kom.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.