Penulis Utama : Kartika Maharani Dwi Astuti
NIM / NIP : K1314032
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan LKS materi Bangun Ruang Sisi Datar berbasis penemuan terbimbing (Guided Discovery) dan untuk memperoleh LKS materi bangun ruang sisi datar berbasis penemuan terbimbing (Guided Discovery) yang valid, menarik, efisien, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Surakarta. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII A dan VIII B dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. Prosedur penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) angket untuk ahli materi, dan (2) angket untuk ahli media, keduanya untuk menilai kevalidan LKS, (3) angket respon siswa untuk menilai kemenarikan LKS,  (4) angket respon guru untuk menilai efisiensi LKS, dan (5) soal tes hasil belajar untuk menilai keefektifan LKS dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh rata-rata skor 3,36 dengan kriteria baik dan hasil penilaian dari ahli desain  memperoleh rata-rata skor 3,25 dengan kriteria baik, sehingga LKS dinyatakan valid. Hasil angket respon siswa memperoleh rata-rata skor 3,56 dengan kriteria sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan menarik. Sedangkan dari hasil angket respon guru memperoleh skor 3,4 dengan kriteria baik sehingga dapat disimpulkan LKS yang dikembangkan dinyatakan efisien. Untuk melihat efektifitas LKS dilakukan uji t, tolak H0   jika thitung > ttabel. Dari hasil uji rerata dengan uji t, diperoleh t = 1,9881 merupakan anggota DK = {t | t > 1,645}, keputusan yang diambil adalah H0 ditolak. Hal ini berarti nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan LKS efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS materi bangun ruang sisi datar berbasis penemuan terbimbing (Guided Discovery) yang dikembangkan valid, menarik, efisien, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : penelitian pengembangan, LKS, model pembelajaran penemuan terbimbing, bangun ruang sisi datar, valid, menarik, efisien, efektif

×
Penulis Utama : Kartika Maharani Dwi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1314032
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Matematika-K1314032-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dyah Ratri Aryuna, S. Pd., M. Si.
2. Henny Ekana Chrisnawati, S.Si, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.