Penulis Utama : Isnaeni Budiarti
NIM / NIP : K3113033
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menguji  keefektifan  teknik  sosiodrama untuk meningkatkan toleransi antar peserta peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Quasi Eksperimental Non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian diambil dari  peserta didik  yang  memiliki  toleransi  antar peserta didik  rendah.  Subjek penelitian  berjumlah  28  peserta  didik  yang dibagi menjadi  2  kelompok  yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen terdiri dari 14 peserta didik dan kelompok kontrol terdiri dari 14 peserta didik.
Treatment yang digunakan adalah teknik sosiodrama. Sosiodrama merupakan permainan peran yang ditujukan untuk memecahkan masalah sosial yang timbul dalam interaksi peserta didik di sekolah. Treatment dilaksanakan selama lima kali pertemuan. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik nonparametrik uji Mann-Whitney untuk mengetahui peningkatan toleransi antar peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Surakarta. Hasil analisis uji Mann-Whitney memiliki skor 0,000 dengan signifikansi sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan 0,000.

 

×
Penulis Utama : Isnaeni Budiarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113033
Tahun : 2018
Judul : Keefektifan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Toleransi Antar Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA N 7 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3113033-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Asrowi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.