Penulis Utama : Herlina Ika Putri Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5114022
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Example Non-Example Terhadap Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan pada Siswa Tunarungu Kelas VIII B di SLB B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5114022-2018
Subyek : EXAMPLE NON-EXAMPLE, KETERAMPILAN MENULIS, LAPORAN PENGAMATAN, ANAK TUNARUNGU
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Example Non- Example terhadap keterampilan menulis laporan pengamatan pada siswa tunarungu kelas VIIIB di SLB B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu pre-experimental design dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SLB B YRTRW yang berjumlah 8 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Non- Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian  ini  adalah  statistik  non  parametrik  yaitu  Wilcoxon  Sign  Rank  Test dengan menggunakan SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Example Non- Example berpengaruh terhadap keterampilan menulis laporan pengamatan pada siswa tunarungu terlihat dari hasil pretest dan posttest. Diketahui nilai rata-rata posstest sampel dalam penelitian ini mengalami peningkatan. Hasil analisis diskriptif diperoleh  nilai rata-rata posstest 68,63 lebih besar dari nilai pretest 52,25. Hasil analisis Wilcoxon Sign Rank Test menunjukkan Z hitung = 2,375 dengan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,018 lebih kecil daripada ? (Taraf signifikansi (0,05)). Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Example Non- Example berpengaruh terhadap keterampilan menulis laporan pengamatan pada  siswa tunarungu  kelas VIIIB  di SLB  B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Kata Kunci : Example Non-Example, keterampilan menulis, laporan pengamatan, anak tunarungu

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Priyono, M.Si.
2. Mohammad Anwar, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP