Penulis Utama : Haryo Seto Saktiono
NIM / NIP : K1214024
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) a)  kejiwaan Id pada tokoh utama dalam novel Atheis karya Achdiat Karta Mihardja; b) kejiwaan Ego pada tokoh utama dalam novel Atheis karya Achdiat Karta Mihardja; c) kejiwaan Super ego pada tokoh utama dalam novel Atheis karya Achdiat Karta Mihardja; (4) nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Atheis karya Achdiat Karta Mihardja; (5) relevansinya  sebagai materi ajar dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMA.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Data yang diperoleh peneliti berasal dari novel Atheis karya Achdiat Karta Mihardja, hasil wawancara dengan sastrawan, dosen Progam Studi Bahasa Indonesia, guru dan siswa-siswi SMA N 1 Gemolong. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Validitas data diperoleh melalui triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Interaktif.
Simpulan penelitian ini adalah (1) kejiwaan tokoh utama dalam novel Atehis karya Achdiat Karta Mihardja adalah tokoh Hasan yang mengalami gangguan kejiwaan yaitu kebimbangan untuk memilih kepercayaan agama; (2) terdapat sebelas nilai pedidikan karakter yang terkandung dalam novel Atheis karya Achdiat Karta Mihardja, nilai-nilai tersebut adalah nilai religius, toleransi, bekerja keras, peduli sosial, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab, mandiri, cinta damai, disiplin, gemar membaca dan (3) novel Atheis karya Achdiat Karta Mihardja relevan dengan materi pembelajaran sastra di SMA karena banyak mengandung pesan moral dan nilai pendidikan karakter yang baik bagi siswa.

Kata kunci: novel, psikologi sastra, nilai pendidikan, pembelajaran sastra di SMA.

 

×
Penulis Utama : Haryo Seto Saktiono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214024
Tahun : 2018
Judul : Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Atheis Karya Achdiat Karta Mihardja serta Relevansi sebagai Materi Ajar Sastra Kelas XI
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia- K1214024-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd.
2. Sri Hastuti, S.S., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.