Penulis Utama : Eva Rianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412069
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Siswa Jurusan Pemasaran Kelas X dan XI di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog. Studi Pendidikan Ekonomi-K7412069-2017
Subyek : MOTIVASI BELAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh (1) lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa; (2) lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa; (3) lingkungan masyarakat terhadap motivasi belajar siswa; (4) motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI jurusan Pemasaran di SMK Negeri 1 Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 128. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling sebagai responden kuesioner (angket) dan 32 responden wawancara yang terdiri dari orang tua sekaligus masyarakat dan guru. Penelitian ini dengan metode kuantitatif kausal.Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket dengan mengetahui persepsi siswa tentang pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat terhadap motivasi belajar dan implikasinya terhadap hasil belajar. Teknik wawancara menjadi pelengkap dari angket dengan mengetahui persepsi orang tua, guru, dan masyarakat tentang pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat terhadap motivasi belajar dan implikasinya terhadap hasil belajar. Analisis data dengan teknik SEM-PLS, kemudian dilanjutkan dengan evaluasi model pengukuran (outer model), evaluasi model structural (inner model), dan pengujian efek mediasi.Sedangkan wawancara dilakukan analisis secara deskriptif sebagai gambaran umum. Taraf signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini adlah 0.05.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar (original sample 0.396 dan t-value 5.203 > 1.96). Kedua, ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan motivasi belajar (original sample 0.307 dan t-value 3,872 > 1.96). Ketiga, ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan masyarakat dengan motivasi belajar (original sample 0.192 dan tvalue 2.349 > 1.96). Keempat, ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar (original sample 0.597 dan t-value 8.047> 1.96).

Kata Kunci: Hasil Belajar, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Masyarakat, Motivasi Belajar

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Surat Pernyataan Persetujuan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Bambang Wasito Adi,
2. Drs. Sunarto, MM,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP