Penulis Utama : Dwi Rahmawati
NIM / NIP : K4613046
×

Tujuan  Penelitian  ini  adalah untuk  meningkatkan  hasil  belajar  passing
bawah sepakbola menggunakan Pendekatan Bermain pada siswa kelas XI IPA 4
SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Surakarta yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 22 siswa putri dan 10 siswa putra.Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi atau arsip. Uji validitas data menggunakan teknik penilaian triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: hasil belajar passing bawah sepakbola siswa pada Siklus I dari 32 siswa prosentase ketuntasan 56,25% atau sebanyak 18 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat menjadi 81,25% atau sebanyak 26 siswa sedangkan 6 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75, adapun target capaian ketuntasan yang ditetapkan oleh peneliti adalah 80%.
Simpulan  penelitian  ini  adalah  dengan  penerapan  pendekatan  bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah sepakbola pada siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Surakarta.

 

 

×
Penulis Utama : Dwi Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613046
Tahun : 2017
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Sepakbola Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2016 / 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4613046-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd
2. Singgih Hendarto, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.