Penulis Utama : Pramita Arum Sari
NIM / NIP : K7116143
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi dengan menerapkan model pembelajaran Osborn pada siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari I, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta.
Penelitian ini adalah CAR (Classroom Action Research atau  lebih dikenal sebagai Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari siklus III. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 x pertemuan dengan waktu 2 x 35 menit pada setiap 1 pertemuan. Penelitian ini menggunakan empat tahap: perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi. Kriteria kelengkapan yang ditetapkan adalah 70?ri semua siswa yang melebihi KKM 72. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Tunggulsari 1 sebanyak 24 siswa serta guru kelas IV SD Negeri Tunggulsari 1. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Tunggulsari I pada bulan Oktober 2019-Januari 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Sementara itu, analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles-Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari I dalam menulis deskripsi melalui model pembelajaran Osborn telah mencapai ketuntasan KKM 72. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Osborn dalam menulis deskripsi meningkat dengan persentase kelengkapan tindakan sebesar 8,33% meningkat menjadi 33,33% pada siklus pertama, pada siklus kedua juga meningkat menjadi 70,83% dan kembali meningkat menjadi 83,33% pada siklus III. Implikasi penelitian ini terhadap dunia pendidikan adalah memberikan inovasi dalam hal penggunaan model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi salah satu masalah dalam dunia pendidikan misalkan masalah penulisan deskripsi.

 

 

×
Penulis Utama : Pramita Arum Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116143
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Osborn untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Peserta Didik Kelas IV SD N Tunggulsari I Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116143-2020
Kata Kunci : keterampilan menulis, teks deskripsi, model pembelajaran Osborn, sekolah dasar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd.
2. Joko Daryanto, S.Sn, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.