Penulis Utama : Alfian Kurniawan
NIM / NIP : K1515004
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah, (1) mengetahui pengaruh variasi persentase fly ash sebagai bahan substitusi semen terhadap kuat tekan pada beton SCC dengan citric acid sebagai retarder. (2) mengetahui pengaruh variasi persentase fly ash sebagai bahan substitusi semen terhadap porositas pada beton SCC dengan citric acid sebagai retarder. (3) menghasilkan bahan ajar mata kuliah Teknologi Beton, di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Sebelas Maret Surakarta dari kajian fly ash sebagai bahan substitusi semen terhadap kuat tekan dan porositas pada beton SCC dengan citric acid sebagai retarder. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dan teknik analisa data menggunakan analisis regresi dengan bantuan program SPSS 16.0.
Variabel yang terdapat pada penelitian ini adalah (1) variabel terikat : kuat tekan dan porositas beton SCC (2) variabel bebas : variasi fly ash sebagai bahan substitusi semen pada campuran beton SCC. Keseluruhan anggota populasi yang menjadi sampel penelitian ini adalah 30 sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) Adanya fly ash sebagai bahan substitusi sebagian semen pada beton SCC (self compacting concrete) dengan citric acid sebagai retarder berpengaruh kuat negatif terhadap kuat tekan yang artinya semakin besar persentase fly ash yang menggantikan semen maka semakin kecil nilai kuat tekan yang dihasilkan. (2) Adanya fly ash sebagai bahan substitusi sebagian semen pada beton SCC (self compacting concrete) dengan citric acid sebagai retarder berpengaruh lemah negatif terhadap porositas yang artinya semakin besar persentase fly ash yang menggantikan semen maka semakin kecil nilai porositas yang dihasilkan. (3) Kajian fly ash sebagai bahan substitusi sebagian semen terhadap kuat tekan dan porositas pada beton SCC (self compacting concrete) dengan citric acid sebagai retarder dapat dijadikan suplemen bahan ajar mata kuliah teknologi beton karena memiliki keterkaitan dengan bidang ilmu perkembangan teknologi beton.
Kata kunci : beton, SCC, fly ash, citric acid, retarder.

 

×
Penulis Utama : Alfian Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515004
Tahun : 2019
Judul : Kajian pengaruh fly ash sebagai bahan substitusi sebagian semen terhadap kuat tekan dan porositas pada beton SCC (Self Compacting Concrete) dengan citric acid sebagai retarder untuk suplemen bahan ajar mata kuliah teknologi beton
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan-K1515004-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T., M.T.
2. Ernawati Sri Sunarsih, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.