Penulis Utama : Ani Asiani
NIM / NIP : K7413015
×

ABSTRAK

Tujuan  Penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  motivasi  dan  hasil belajar pengantar ekonomi dan bisnis pada siswa kelas X Pemasaran 1 di SMK Negeri 1 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Subjek  penelitian  adalah  siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, data dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik untuk kebasahan data menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis secara kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dapat meningkatkan   motivasi   dan   hasil   belajar   pengatar   ekonomi   dan   bisnis. Peningkatan terjadi pada siklus I sebesar 72,58% pada motivasi belajar dan 65% pada hasil belajar, walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan motivasi dan hasil belajar siswa mencapai kualifikasi sangat tinggi yaitu 85,60% pada motivasi belajar dan 87% pada hasil belajar.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pengatar ekonomi dan bisnis kelas X Pemasaran 1 SMk Negeri 1
Surakarta.

Kata Kunci: ARCS, motivasi belajar, hasil belajar

 

×
Penulis Utama : Ani Asiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413015
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction (Arcs) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur.Pendidikan Ekonomi - K7413015 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Harini, M.Pd.,
2. Jonet Ariyanto Nugroho, S.E, M.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.