Penulis Utama : Alfi Nur Hayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116006
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Antara Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Alian Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116006 - 2020
Subyek : SIKAP ILMIAH, HASIL BELAJAR IPA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya korelasi antara korelasi antara sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Alian Tahun Ajaran 2019/2020 dan mengetahui besarnya sumbangan sikap ilmiah terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Alian Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dari 34 SDN se-Kecamatan Alian yang berjumlah 849 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 202 siswa dari 8 SDN se-Kecamatan Alian yang dipilih secara acak dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling dengan bantuan aplikasi SPSS. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data variabel sikap ilmiah dan tes untuk memperoleh data hasil belajar IPA. Uji prasyarat analisis data menggunakan normalitas dan linieritas. Analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment dengan taraf signifikansi 0,05 dan menggunakan sumbangan efektif.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi yang positif antara sikap ilmiah dan hasil belajar IPA sebesar 0,316 dengan nilai Sig. sebesar 0,000.  Semakin tinggi sikap ilmiah siswa, maka akan semakin tinggi pula hasil belajar IPA siswa. Begitu pun sebaliknya, semakin rendah sikap ilmiah siswa, maka akan semakin rendah pula hasil belajar IPA siswa. Nilai sumbangan efektif variabel sikap ilmiah terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sebesar 9,98%
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terbukti ada korelasi antara sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Alian tahun ajaran 2019/2020. Sikap ilmiah memberikan sumbangan sebesar 9,98% terhadap hasil belajar IPA siswa dan sisanya sebesar 90,02% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci: sikap ilmiah, hasil belajar IPA

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Joharman, M.Pd.
2. Dr. Suhartono, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP