Penulis Utama : Arraya Saffitri Febrimaharani
NIM / NIP : K4214003
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktural novel Singkar karya Siti Aminah; (2) karakter perempuan Jawa dalam perspektif feminisme pada novel Singkar karya Siti Aminah; (3) nilai kearifan lokal yang terkandung dalam novel Singkar karya Siti Aminah; dan (4) relevansi hasil kajian novel Singkar karya Siti Aminah sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra di Sekolah Menengah Atas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen dan informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik wawancara mendalam dan teknik dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan subjek atau sampel. Validitas data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data model analisis mengalir dan model analisis interaktif. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir.
Hasil penelitian ini adalah: (1) struktur novel Singkar karya Siti Aminah terdiri dari unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik yang saling berkaitan dan memiliki efek estetis. Unsur intrinsik novel Singkar meliputi tema, amanat, tokoh dan penokohan, alur cerita (plot), latar (setting), sudut pandang, dan gaya bahasa. Unsur ekstrinsik novel Singkar meliputi latar belakang pengarang, kondisi sosial budaya, dan tempat atau kondisi alam; (2) bentuk-bentuk karakter perempuan Jawa pada novel Singkar meliputi karakter tegas, sopan, visioner, nrima, penyayang, nekat, keras kepala, rajin dan terampil, berbakti, bertanggung jawab, ramah, humoris, bijaksana, iri, suka menuduh, suka mengeluh, dermawan, dan rendah hati. Di antara karakter-karakter perempuan Jawa tersebut terdapat karakter-karakter yang mendukung atau sesuai dengan perspektif feminisme dan ada pula karakter-karakter yang tidak sesuai dengan perspektif feminisme ataupun kurang berpengaruh terhadap feminisme; (3) nilai kearifan lokal yang terdapat pada novel Singkar karya Siti Aminah meliputi nilai praktis, nilai estetis, nilai keharmonisan, nilai kebersamaan, nilai religi/kereligiusan, nilai kesederhanaan, dan nilai ekonomis; dan (4) hasil kajian novel Singkar karya Siti Aminah relevan dan sesuai untuk dijadikan sebagai alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA karena memiliki karakteristik yang memenuhi kriteria-kriteria untuk dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif materi pembelajaran yang baik.

Kata Kunci: karakter perempuan Jawa, feminisme, nilai kearifan lokal, novel Singkar, materi pembelajaran apresiasi sastra

 

×
Penulis Utama : Arraya Saffitri Febrimaharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214003
Tahun : 2020
Judul : Analisis Karakter Perempuan Jawa dalam Perspektif Feminisme dan Nilai Kearifan Lokal pada Novel Singkar Karya Siti Aminah Serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Bahasa Jawa - K4214003 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Suryanto, M.Pd.
2. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.