Penulis Utama : Rizal Yusuf Saputra
NIM / NIP : K7117200
×

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan makna dan nilai karakter yang terdapat pada motif batik terutama motif batik Ngawi.Tujuanpenelitianinipentingterkaitdenganpenanaman nilai karakter melalui pendidikan sebagai modal untuk menghadapi masa depan. Permasalahan yang muncul dimasyarakat terkait kurangnya moral terutama pada anak usia Sekolah Dasar menimbulkan suatu kekhawatiran. Permasalahan tersebut membutuhkan solusi penanaman nilaikarakter.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dengan subyek 3 narasumber pengrajin batik Ngawi dengan objek Motif Batik Sejarah Ngawi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berdasarkan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data pada penelitian ini menggunakan trianguasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan adanya makna dan nilai karakter yang termuat dalam MotifBatikNgawi. Nilai karakter yang terkandung sesuai dengan 18 nilai karakter bangsa Indonesia. Nilai karakter yang ada diintegrasikan dalam pembelajan salah satunya SBdP. Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran disekolah menjadi upaya untuk memperbaiki nilai moral bangsa Indonesia juga untuk mempersiapkan generasi emas yang tangguh pada tantangan masadepan.

Kata kunci : nilai karakter, motif batik Ngawi, SBdP, analisis

 

×
Penulis Utama : Rizal Yusuf Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117200
Tahun : 2020
Judul : Motif Batik Ngawi dalam Pendidikan Karakter pada Sekolah Dasar Kabupaten Ngawi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117200 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sandra Bayu Kurniawan, M. Pd.
2. Dr. Peduk Rintayati, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.