Penulis Utama : Puji Indrati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5213217
Tahun : 2015
Judul : Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Melalui Media Benda Nyata dalam Materi Bagian-Bagian Utama Tumbuhan pada Siswa Tunagraidta Kelas 111 Semester Gasal di Slb - C Yplb Danyang Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014 I 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. PLB -X5213217 - 2015
Subyek : PRESTASI BELAJAR IPA, MEDIA BENDA NYATA, ANAK TUNAGRAHITA.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA dengan  menggunakan media benda nyata dalam materi bagian-bagian utama tumbuhan pada siswa tunagrahita kelas III di SLB - C YPLB Danyang Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014 I 2015.
Penelitian ini berbentuk Classroom Action Research I Penelitian Tindakan Kelas merupakan pencennatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja  dimunculkan clan terjadi dalam sebuah kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas III SLB - C YPLB Danyang Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014 I 2015 yang berjumlah 5 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adatah teknik tes, ana1isis dokumen dan review informan. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif, yakni membandingkan nilai tes   antar siklus dengan indikator pencapaian.
Hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan media benda nyata dalam materi bagian-bagian utama tumbuhan pada siswa tunagrahita kelas III semester gasal di SLB - C YPLB Danyang Purwodadi Grobogan tahun pelajaran
2014/2015 prestasi belajarnya meningkat. Hal itu dibuktikan dengan aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat, dari siklus I dengan skor 68 % ke siklus II meningkat menjadi 83,2 %. Hasil belajar siswa berupa nilai ulangan meningkat dari siklus I nilai rata-rata kelas 62 ke siklus II meningkat menjadi 75.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media benda nyata  pada pembelajaran IPA  dapat meningkatkan prestasi belajar IPA dalam materi bagian-bagian utama tumbuhan pada siswa tunagrahita kelas III di SLB - C YPLB Danyang Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Munawir Yusuf, M.Si
2. Sugini, M.Pd
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP