Penulis Utama : Miftah Faried Adjie Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0215064
Tahun : 2020
Judul : Representasi Relasi Gender dalam Film “Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga” (Analisis Semiotika Representasi Relasi Gender yang Setara Antara Suami - Istri Dalam Film “Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga” Karya Ernest Prakasa)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Sosial dan Politik, Jur. Ilmu Komunikasi - D0215064 - 2020
Subyek : FILM, RELASI GENDER, SUAMI ISTRI, SETARA, PEMBAGIAN PERAN GENDER.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Film merupakan suatu media hiburan yang mampu menyampaikan pesan ke masyarakat dalam bentuk audio visual yang efektif. Kebanyakan media terutama film selalu menempatkan kedudukan perempuan lebih rendah dari laki-laki dan identik dengan urusan rumah tangga. Stereotip yang berkembang pun menyebabkan sebuah ketimpangan gender dalam suatu hubungan. Film “Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga” berisi tentang nilai-nilai relasi gender dalam hubungan suami – istri serta pembagian peran gender yang dikemas tidak berdasarkan stereotip sehingga menjadi menarik untuk diteliti.

Teori dalam penelitian ini menggunakan teori tanda semiologi Roland Barthes sebagai dasar untuk mengkaji sebuah tanda. Teori berikutnya adalah teori tentang relasi gender yang menyebutkan bahwa ketika terjadi kesenjangan dalam relasi gender dapat menimbulkan permasalahan yang menyudutkan pihak perempuan. Sehingga dalam hal ini kesetaraan dalam relasi gender menjadi dasar untuk mengkaji nilai-nilai yang terdapat dalam film ini.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika model Roland Barthes untuk mencari tahu representasi relasi gender dalam hubungan suami – istri yang terdapat dalam film. Unit analisis dalam penelitian ini adalah film “Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga” yang disutradarai Ernest Prakasa. Pengumpulan data dilakukan dengan menonton film kemudian membuat tabel daftar scene sebagai pedoman untuk analisis berdasarkan nilai yang termasuk dalam bentuk relasi gender. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dipilih berdasarkan tema penelitian dan jawaban dari pertanyaan yang berkaitan dengan relasi gender yang setara. Data dianalisis dengan pendekatan semiotika dan menggunakan teori relasi gender. Analisis dilakukan melalui tiga tahap yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Pemaknaan tersebut didasari sumber pendukung yang berasal dari artikel internet, jurnal, buku, dan penelitian terdahulu. Pemaknaan hasil konotasi dikaitkan dengan mitos apabila memiliki keterkaitan dengan budaya yang ada di masyarakat.

Ditemukan bahwa terdapat bentuk relasi gender yang setara yang direpresentasikan dalam film “Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga”. Sosok Milly bekerja sebagai kepala pabrik, Mamet bekerja sebagai chef, Milly sebagai pengambil keputusan. Lalu bentuk pembagian peran gender yaitu Mamet yang memasak di rumah, Milly jarang memasak tetapi mengurus anak, serta Milly mampu mengerjakan dua hal secara bersamaan.

Kata kunci: Film, Relasi Gender, Suami Istri, Setara, Pembagian Peran Gender

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Adolfo Eko Setiyanto, M. Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP