Penulis Utama : Dwi Kurniasih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S842002008
Tahun : 2022
Judul : Ragam Budaya Indonesia dan Pemahaman Mahasiswa Asing pada Buku Ajar BIPA SAHABATKU Indonesia Tingkat Dasar (Studi Kasus di Perguruan Tinggi Negeri di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber : .
Subyek :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Indonesia memiliki beragam cara. Salah satunya melalui buku ajar yang di dalamnya memuat budaya-budaya Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan, 1) ragam budaya Indonesia yang digambarkan dalam buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia tingkat dasar; 2) bentuk penyajian materi budaya Indonesia dalam buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia tingkat dasar; 3) pemahaman budaya mahasiswa asing terhadap buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia di UPT P2B UNS dan UIN Raden Mas Said Surakarta; 4) kendala dan solusi dalam memahami budaya Indonesia bagi mahasiswa asing di UPT P2B UNS dan UIN Raden Mas Said Surakarta.

Penelitian ini termasuk jenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini memiliki dua sumber data yakni dokumen dan informan dengan teknik pengumpulan data analisis dokumen dan wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan dua model analisis data yaitu model analisis konten dan model interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) ragam budaya Indonesia dalam buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia tingkat dasar (BIPA 1, BIPA 2, BIPA 3) digambarkan dalam beberapa wujud budaya yaitu, (a) wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya (mentifak); (b) wujud kebudayaan sebagai kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat (sosiofak); (c) wujud hasil karya sebagai benda-benda hasil karya manusia (artefak); 2) bentuk penyajian materi budaya dalam buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia tingkat dasar dapat diklasifikasikan dalam beberapa bentuk antara lain, teks bergambar, gambar, pelatihan, dan pertanyaan; 3) pemahaman budaya Indonesia mahasiswa asing di UNS dan UIN Raden Mas Said Surakarta terhadap buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia termasuk dalam kategori baik, sebab materi budaya yang diberikan masih sederhana dan disertai penjelasan sehingga cukup mudah untuk dipahami; 4) Kendala utama yang dihadapi pengajar BIPA adalah bahasa pengantar dan cara memberikan pemahaman budaya Indonesia kepada mahasiswa. Solusi yang diberikan adalah dengan pendekatan teman dan memberikan pemahaman budaya secara terus menerus. Kendala yang dihadapi mahasiswa asing dalam memahami budaya Indonesia di UPT P2B UNS adalah adanya gegar budaya. Upaya yang dilakukan adalah mengamati kebiasaan serta berteman dengan orang Indonesia Kendala yang dihadapi mahasiswa asing di UIN Raden Mas Said Surakarta, adalah keadaan lingkungan yang sangat berbeda dengan negara asalnya. Upaya yang dilakukan adalah dengan bertanya kepada teman, belajar di kelas BIPA, jalan-jalan/ berwisata, dan bertanya dengan tetangga.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
bab I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Halaman Cover.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
2. Dr. Budhi Seiawan, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP