Penulis Utama : Maya Arumsari
NIM / NIP : K7717047
×

Maya Arumsari. K7717047. PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA PADA SMK NEGERI DI KOTA SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. November 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya (1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada SMK Negeri di Kota Surakarta (2) pengaruh keaktifan belajar terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada SMK Negeri di Kota Surakarta (3) pengaruh motivasi belajar dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada SMK Negeri di Kota Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kausal dengan jenis data kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri di Kota Surakarta dengan sampel penelitian 164 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Uji Validitas menggunakan validitas konstruk dan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi ganda. Data diolah dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada SMK Negeri di Kota Surakarta yang ditunjukan dengan nilai signifikansi uji regresi sebesar 0,008; (2) ) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar dengan prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada SMK Negeri di Kota Surakarta yang ditunjukan dengan nilai signifikansi uji regresi sebesar 0,005; (3)  terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan keaktifan dengan prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada SMK Negeri di Kota Surakarta yang ditunjukan dengan model persamaan Y = 14, 338 + 0,853 X_1 + 0,940  X_2 yang secara signifikan dengan nilai signifikansi uji F 0,000.

×
Penulis Utama : Maya Arumsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7717047
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga Pada SMK Negeri di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd
2. Nurhasan Hamidi, S.E., M.Sc, Ak., CA
Penguji : 1. Dr. Sri Sumaryati, S.Pd, M.Pd
2. Jaryanto, S.Pd, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.