Penulis Utama : Daniel Windhu Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4416013
Tahun : 2022
Judul : Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Aplikasi Microsoft Teams Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Daniel Windhu Pamungkas. K4416013. Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Aplikasi Microsoft Teams Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2021.

            Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan: (1) Persiapan pembelajaran jarak jauh berbasis aplikasi Microsoft Teams pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Sragen; (2) Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh berbasis aplikasi Microsoft Teams pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Sragen; (3) Kendala dan solusi dalam pembelajaran jarak jauh berbasis aplikasi Microsoft Teams pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2020/2021.

            Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari informan, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Pengambilan sampel data dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik validitas data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.          

            Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan: (1) Persiapan Pembelajaran Jarak Jauh di SMA Negeri 2 Sragen diawali dengan guru membuat RPP yang disesuaikan dengan pembelajaran jarak jauh yaitu RPP satu lembar, kemudian persiapan secara teknis adalah pada awalnya guru menghidupkan laptop, menyambungkan laptop dengan jaringan Wi-Fi, lalu membuka Microsoft Teams dan membuat room sebagai ruang untuk pembelajaran jarak jauh. Kemudian guru membuka aplikasi whatsapp melalui smartphone untuk mengkondisikan kelas dengan cara memberi pesan di whatsapp group kelas untuk segera masuk kedalam aplikasi. (2) Pelaksanaan pembelajaran dibagi menjadi tiga tahapan yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam kegiatan pendahuluan dilakukan dengan memberikan salam pembuka dan absensi siswa, kemudian tahap inti dilakukan dengan Video Call pada Aplikasi Microsoft Teams untuk menjelaskan materi pmbelajaran, kemudian guru memberikan soal kepada siswa sebagai evaluasi pembelajaran, dan terakhir adalah tahap penutip dengan memberikan kesepatan bagi siswa untuk bertanya dan memberikan salam penutup, (3) Kendala dalam proses pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 2 Sragen antara lain: (a) kuota internet dan stabilitas jaringan internet, (b) proses pembelajaran jarak jauh atau daring juga masih dirasa asing bagi sebagian guru dan siswa sehingga perlu penyesuaian lebih lanjut, (c) kurangnya pengawasan secara langsung dari guru ke siswa membuat siswa kurang disiplin. (3) Solusi guna mengatasi masalah tersebut antara lain: (a) guru dan siswa memanfaatkan bantuan kuota internet dari pemerintah dan (b) menggunakan provider dengan kekuatan sinyal yang terbaik.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
2. Isawati, S.Pd, MA.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP