Penulis Utama : Lutfanida Aslim Abdillah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E3118090
Tahun : 2022
Judul : Inovasi Alat Bantu Dokumen Kependudukan "Lalitra" Bagi Disabilitas Netra di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Lutfanida Aslim Abdillah. E3118090. 2022. INOVASI ALAT BANTU DOKUMEN KEPENDUDUKAN “LALITRA” BAGI DISABILITAS NETRA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEMANGGUNG . Tugas Akhir. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini mengkaji tentang perlunya alat bantu dokumen kependudukan serta model inovasi alat bantu dalam upaya memberikan pelayanan yang dibutuhkan bagi disabilitas netra. Jenis penelitian ini adalah empiris yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Sumber data penelitian berupa data primer maupun data sekunder.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua metode yaitu observasi dan wawancara.Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah model interaktif.Hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok penduduk disabilitas netra yang telah memiliki dokumen kependudukan seringkali mengalami hambatan dalam pengunaanya.Hal tersebut mengharuskan mereka menggunakan alat bantu. Alat bantu sangat penting dan dibutuhkan penyandang disabilitas netra untuk mempermudah menggunakan dokumen kependudukan secara mandiri dalam hal membaca dan mengetahui jenis dokumen kependudukan tanpa harus meminta bantuan orang lain serta membantu dalam mengurus berbagai keperluan seperti pekerjaan dan pendidikan.Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi baru di Disdukcapil Kabupaten Temanggung untuk menunjang pelayanan publik yang merata khususnya bagi kelompok minoritas. Penulis memiliki gagasan untuk membuat suatu inovasi berupa alat bantu dokumen kependudukan bertuliskan braille pada setiap informasi yang akan dicantumkan di laminasi. Terdapat empat dokumen yangakan diberi alat bantu yaitu kartu keluarga, akta kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA). Inovasi tersebut bernama Lalitra atau Laminasi for Disabilitas Netra.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Diana Lukitasari, S.H., M.H.
2. 5. Yuliana Ristantya Ningsih S.Pd., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi